BELAJAR BERMAIN BASS DENGAN MUDAH

Cara Bermain Gitar Bass Untuk Pemula

Jika kalian menyukai gitar bass dan bermimpi menjadi bassis terkenal, tenang saja bro ambil gitar bass dan mualailah mempelajari nya sendiri hehehe :) sebenarnya cara bermain instrumen gitar bass, menemukan instrumen baru dan lain sebagainya cukup mudah, hanya memerlukan sedikit latihan untuk menguasainya. Namun jika ingin lebih dari sekedar bisa, kita harus banyak melakukan latihan teori dan praktek. Nah buat kalian yang males kursus musik apalagi yang berbayar disini saya akan membahas dasar dari cara bermain gitar bass.

Oke ada beberapa hal yang harus kita pahami jika ingin fasih bermain bass, bukan cuma soal tehnik tapi juga feeling. Penempatan posisi tangan dan bass yang benar agar kita bisa nyaman saat memainkan gitar bass.

1. Kenali bagian bagian gitar bass

Yang pertama adalah membiasakan diri dengan anatomi gitar bass, dan memahami bagian bagian penting dari gitar bass.

2. Pelajari cara tuning atau setel gitar bass. 

Gunakan nada referensi dari perangkat tala atau garpu tala untuk menyetel bass. Bass disetel (dari atas) E-A-D-G dimana E adalah string nada terendah dan G adalah nada tertinggi. tentang tuning bass sangat mirip dengan cara tuning gitar (biasa).

3. Membiasakan diri dengan amplifier. 

Pasanglah salah satu ujung kabel audio ke amplifier dan ujung lainnya ke bass. Hidupkan Amplifier dan jika sudah selesai jangan lupa mematikannya hehhe :) . Yang harus pertama kali dipelajari adalah perbedaan antara volume dan gain Amplifier. Sesuaikan pot pada bass sampai kita mendapat suara yang pas dan bagus. Dasar-dasar menyiapkan amplifier bass juga sangat mirip dengan Amplifier gitar.

4. Pelajari postur tubuh yang tepat.

Cara memegang bass sambil berdiri atau duduk. Sesuaikan tali penyangga sehingga disaat kita bermain bass terasa nyaman. Tempatkan tangan kanan kita di atas senar atau jempol di sandarkan pada spul bass. Bisa juga tempatkan tangan di sepanjang fret bass, sperti yang saya bilang gunakan feeling kita, dimana nyaman nya. Untuk yang kidal (dominan kiri) ya di balik saja :) .
cara bermain bass dengan benar
(Perhatikan tiga bassis diatas, terlihat mereka memiliki style atau posisi masing masing)

5. Pelajari cara memetik bass. 

Gunakan telunjuk dan jari tengah tangan kanan kita untuk memetik senar. Cobalah untuk fokus pada cara petik  jari-jari kita, sehingga meminimalkan gerakan  pergelangan tangan dan lengan tangan kita. Pelajari cara bergantian memetik antara telunjuk dan jari tengah. Latihlah peralihan antara string dalam pola IMIM dimana I adalah jari telunjuk dan M adalah jari tengah. Kita dapat menggunakan ibu jari kita sebagai dukungan pada sisi belakang bass.

6. Pelajari cara untuk mematikan string dengan masing-masing tangan kita. 

Ketika belajar cara bermain bass, idealnya string yang tidak kita tekan tidak harus berbunyi atau bergetar dengan yang lain.

7. Masuk ke posisi. 

Tempatkan kedua tangan kita pada bass dan cobalah untuk mendapat posisi nyaman dengan tangan kiri kita, mungkin di tengah atau arah pin tuning bass. Letakan tangan kiri kita, tempatkan jari telunjuk kita pada fret pertama dan jari-jari kita yang lain pada fret yang berdekatan.

8. Pelajari not dari empat jari pertama.

mulai dari string yang paling atas termasuk string not longgar: (E) FF # G A. Lanjutkan untuk setiap string A, D dan G.

9. Pelajari cara untuk menekan senar.

Tekan senar dengan tangan kiri agak keras sehingga ketika kita memetik senar bass suara yang ditimbulkan bagus dan akurat. Hindari suara longgar atau getaran dari senar lain.

10. Pelajari cara bermain dalam tempo.

Gunakan metronom, jika tidak ada coba dengan hentakan kaki ke bawah bergantian berurutan, sekali lagi feeling !!

11. Pelajari cara membaca dan bermain tablature bass.

Karena bass bermain menggunakan tablature (kunci tabulasi) hanya menekan senar tidak seperti kunci gitar biasa. Nanti akan saya bahas mengenai tablature gitar bass di artikel selanjutnya.

12. Pelajari genre musik dan kembangkan  kecerdasan musikal kita.

  1. Di mulai dari mendengarkan lagu lagu yang padat akan tehnik bermain gitar dan bass.
  2. Pelajari cara untuk memainkan E mayor.
  3. Pelajari pahami peran pemain bass di sebuah band atau dimana tempat kita bermain.
  4. Pelajari teknik yang paling umum seperti hammer-on (mengetuk senar) dan pull off (melepas senar).
  5. Pelajari bermain vibrato (menaikan atau menurunkan senar bass untuk mendapatkan suara berbeda).
  6. Ajari diri kita mulai dari lagu yang kita sukai. Tujuan nya agar kita semakin peka dan feeling semakin bagus dalam memainkan intonasi bass.

18. Perbanyak jam terbang latihan tehnik.

karena jika sudah mendapatkan posisi dan cara bermain yang benar, tehnik akan lebih mudah kita pelajari.


Okee guyss .. sekian dulu tentang pembahasan langkah awal menjadi bassis :) semoga bisa bermanfaat dan terima kasih \m/

6komentar: