CARA BELAJAR MEMBACA TABLATURE BASS DENGAN MUDAH

Cara Belajar Membaca Tabulasi Bass Dengan Mudah

cara belajar membaca tablature bass dengan mudah

 

Halo bro .. update dulu nih tentang artikel bass lagi. Setelah kemarin saya membahas tentang step awal bermain bass, kali ini saya akan membahas bagaimana cara belajar membaca tablature bass dengan mudah. Dengan seidikit latihan keras dan fokus, saya rasa bukan tidak mungkin kita bisa jadi seperti Billy Shehan, john myung atau Bondan Prakoso :)

Disini saya akan sedikit menjelaskan tahap awal membaca tablature/tabulasi bass, tidak jauh berbeda dengan tabulasi gitar, hanya ada sdikit perbedaan. Ada beberapa langkah yang harus kita ketahui dalam membaca tab bass. Lebih lanjut baca penjelasaan di bawah.

Bass tablature atau tab bass, adalah sebuah sistem notasi musik untuk bass yang cukup sederhana . Untuk belajar tab bass di beberapa musik atau lagu, silahkan dicari di internet sudah banyak tersedia.

PENTING!! : Belajar bermain tab bass untuk lagu hanya sebagian kecil yang benar benar paham. Karena untuk menjadi pemain bass ada banyak hal yang harus dipelajari selain membaca tablature. Lain kali akan saya bahas tentang beberapa kesalahan yang dibuat oleh pemain bass pemula. Oke lanjut.

String di Bass Tab

Tab Bass menunjukkan senar bass dipetik secara horizontal. Yang paling sering digunakan adalah tab bass yang ditulis untuk 4-string bass (bass dengan 4 senar), tapi kita mungkin suka melihat bass dengan 5-string dan 6-string yang dipakai bassi kawakan seperti Billy shehan dan John myung, sebenarnya akan tergantung pada lagu apakah kita akan memainkannya.

Senar bass yang diambil dengan string terendah berada di bagian bawah(terbalik juga kita sudah memegang gitar bass). Standar tuning bass dari yang terendah ke tertinggi adalah E-A-D-G dan terlihat seperti ini:

G ----------------------------
D ----------------------------
A ----------------------------
E ----------------------------

Setiap musik akan membutuhkan tuning yang berbeda atau string/senar yang lebih banyak, tapi perspektif tetap sama, yang terendah (paling tebal) string di bagian bawah.

Nomor fret di Bass Tab

Di tab bass, not ditunjukkan oleh nomor fret. Nomor fret ditulis pada string yang dimainkan. Kebanyakan bass memiliki antara 20 sampai 24 fret (grip kalo kata gitaris/bassis ototdidak). Kita dapat melihat nomor fret dari 0 (string terbuka) hingga 24.

Dalam contoh ini kita memainkan 3 fret pada E-string diikuti oleh 2 fret pada A-string, maka kolom 5 pada A-string, dan akhirnya kolom 5 pada D-string. Terlihat kurang lebih seperti ini.

G -------------------------------
D --------------------5----------
A --------2----5----------------
E ---3---------------------------

Bar di Bass Tab

Bar biasanya ditandai, karena posisinya dalam notasi standar dengan birama vertikal.

G ----------------------------|-----------------
D ----------------------------|-----------------
A ----------------------------|-----------------
E ----------------------------|-----------------

Rhythm di Bass Tab

Ada banyak ritme tidak ditunjukkan dalam tab bass. Yang kita dapatkan adalah urutan not. Dalam hal ini kita harus mencari sendiri dengan mendengarkan lagu atau musik. Terkadang ritme ditandai dibawah dengan jumlah yang ditulis di bawah nomor fret.

Dalam bass ini contoh tab ada hitungan not kedelapan ditulis di bawah ...

G ----------------------|---------
D -------------------5-|---------
A --------2----5-------|--------
E ---3------------------|--------
       1 + 2 + 3 + 4 +

Tanda lainnya pada tab bass

Banyak tanda-tanda lain yang ditemukan di tab bass, itu menunjukkan not dengan cara yang akan dimainkan. Ini tidak terlihat standar, kita mungkin akan melihat banyak variasi. Seringkali tanda ini didefinisikan di suatu tempat pada awal tab bass. Beberapa tanda tab bass umum yang mungkin kita alami.

Untuk tanda pada string:

  •      Sebuah garis miring (/) menunjukkan slide bergerak.
  •      Sebuah garis miring kembali (\) menunjukkan slide bergerak turun.
  •      Sebuah tanda sisipan (^) menunjukkan sebuah tekanan.
  •      X (x) menunjukkan not bayangan.
  •      H (h) menunjukkan hammer-on (mengetuk senar).
  •      A P (p) menunjukkan pull-off (melepas senar).

Untuk tanda di bawah string:

  •      S menunjukkan tekanan jempol.
  •      Sebuah P menunjukkan pop.
  •      Sebuah T menunjukkan meter. Seringkali tangan yang digunakan ditandai dengan L atau R kita anggap kita tidak kidal.

Cara Membaca Ringkasan Bass Tab 

Kita tidak perlu membaca banyak tab bass. Yang perlu kita perhatikan adalah garis senar. Tab Bass bisa menjadi bantuan yang berguna untuk pemula sebelum belajar membaca notasi musik atau lebih baik lagi jika dibarengi dengan belajar nama-nama not pada fretboard(papan fret/stang gitar bass). Dan hal itu juga dapat membantu kita mempelajari fingering rumit bersama notasi standar. Dengan latihan awal ini setidaknya kita sudah akrab dengan tab bass.

Oke guys .. mungkin sekian dulu tentang artikel cara belajar membaca tablature bass dengan mudah. Dibarengi dengan latihan dan praktek, bukan tidak mungki kita bisa jadi bassis terkenal hehe :) semoga bermanfaat dan terima kasih \m/

7komentar:

  1. wah bisa di coba tuh dan mau belajar ngebass juga makasih gan

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. yang bentuknya kotak sering dibawa wanita jadi jadian nya :v :v bisa gan :v

      Delete
  3. Masih ga ngerti maksudnya gan:( bisa tolong jelasi ga gan, ato kirim ke gmail

    ReplyDelete
  4. Sangat membantu,jadi semangat belajar sebagai pemula..trmakasih

    ReplyDelete
  5. Terimakasih infonya, kalau jaman sekarang mungkin lebih mudah karena Bass Tab bisa didengarkan dan bisa dimainkan seperti di web Basstera Interactive Bass Tabs

    ReplyDelete