CARA SETEL GITAR / TUNING GITAR STANDAR

Cara menyetel gitar dengan setelan/tuning standar

tuning gitar standar dengan mudah cepat

haloo guys .. setelah pegel update artikel soal chord gitar, sekarang giliran tentang tutorial lagi nih. Kali ini kita bakal membahas tentang cara tuning gitar standar atau lebih di kenal dengan Stem/nyetel gitar :D nah buat yang belum bisa cara tuning gitar standar, saya akan jelaskan caranya dengan mudah dan cepat.

Oke banyak orang yang bisa bermain gitar tapi tidak tahu cara tuning nya, tuning gitar sangat penting agar gitar enak didengar. Berikut adalah beberapa petunjuk sederhana yang menjelaskan tuning gitar dasar.

Ada 4 cara untuk Setel Gitar, yaitu :

1 . Manual 

Cara yang pertama ini agak susah karena dibutuhkan ketepatan dan feeling yang bagus, sesuaikan suara per senar nya dengan metode seperti ini :
  1. Setel senar 1 dulu, seakurat mungkin jangan terlalu kencang.
  2. Setel senar 2,Caranya pencet bar ke 5 pada senar 2,samakan suaranya pada senar 1.
  3. Setel senar 3,Caranya pencet bar ke 4 pada senar 3,samakan suaranya pada senar 2.
  4. Setel senar 4,Caranya pencet bar ke 5 pada senar 4,samakan suaranya pada senar 3.
  5. Setel senar 5,Caranya pencet bar ke 5 pada senar 5,samakan suaranya pada senar 4.
  6. Setel senar 6,Caranya pencet bar ke 5 pada senar 6,samakan suaranya pada senar 5.
Mungkin agak membingungkan tapi dengan sedikit usaha dan latihan terus saya yakin pasti bisa.

2 . Menggunakan Software

Cara yang kedua adalah menggunakan Software. Software ini bisa kita gunakan untuk setel gitar,  adalah AP GUITAR TUNER. Jika ingin memakainya kita harus punya komputer atau laptop untuk mengoperasikan nya. Link download AP Guitar Tuner tinggal di cari saja ya di google sudah banyak :) cukup install software nya, kemudian bunyikan senarnya dan software itu langsung  mendeteksi nada sebenarnya untuk kita samakan dengan gitar kita, kalau ingin tahu cara yang lebih lengkap nya kita bahas lain kali deh :)

3 . Menggunakan Tuner

Untuk cara yang ini sebenarnya cara yang cukup mudah, hanya saja kita harus mengeluarkan uang lebih karena harga tuner gitar cukup mahal, biasanya sudah dibarengi dengan efek DLL. Cara kerja nya adalah dengan cara memetik senar satu persatu dan secara otomatis tuner ini akan menunjukkan nada senar yang kita petik dan kita tinggal menyamakan saja dengan setelan tuner nya.

4. Mendengar Suara String

Nah untuk cara yang paling terakhir ini adalah yang paling mudah, cukup ambil gitar, lalu siapkan koneksi internet dan buka alamat tune-o-matic. Setelah alamat nya terbuka disitu akan ada sebuah kotak yang menunjukan posisi senar standar, lebih jelas lihat gambar :
stem gitar tuning standar dengan cepat
petunjuk dari kiri ke kanan :

E - untuk senar 6 paling tebal/atas
A - untuk senar 5
D - untuk senar 4
G - untuk senar 3
B - untuk senar 2
E - untuk senar 1 tertipis/paling bawah

Cara nya klik tombol di bawah huruf nya, dengar suara nya lalu samakan dengan suara senar gitar kita. Mulai dari senar 6 ke senar 1. Disitu juga lengkap dengan tipe suara dan mode setel nya, saya rasa ini cara paling mudah untuk setel gitar, hanya saja cara seperti ini hanya bisa di lakukan jika kita sedang dekat dengan PC atau laptop, dan itu pun harus ada koneksi internet.


Oke guysss .. dari 4 cara di atas yang paling mudah adalah nomer 4, tapi saran saya kita harus tetap bisa setel gitar manual karena jika kita sedang diluar, tidak mungkin kita harus membuka pc atau laptop hanya untuk setel gitar :) sekian artikel saya kali ini, semoga bisa bermanfaat buat semuanya :D terima kasih \m/

3komentar: